SELAMAT DATANG DI RUMAH PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) CABANG LOMBOK TIMUR

Jumat, 20 Maret 2009

Deklarasi Kampaye Lombok Timur

Pada tanggal 14 Maret 2009, hingar bingar kampanye partai politik segera dimulai di Kabupaten Lombok Timur. Memulai kampanye hari ke-1, semua parpol yang ikut bertarung di Lombok Timur, 36 Parpol, mengikuti pawai kampanye damai yang diselenggarakan oleh KPU Lombok Timur dan diikuti oleh ke 36 parpol.


Acara tersebut dipusatkan (dimulai) di Taman Kota Selong. Dihadiri oleh Sekda mewakili Bupati, KPU, Panwaslu dan pimpinan-pimpinan Parpol, acara dimulai dengan penandatanganan kesepakatan antar parpol pada sekitar jam 14.00 wita.

Bunyi ikrar kesepakatan tersebut adalah:

Kami peserta pemilu bersepakat untuk melaksanakan pemilu 2009 sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku serta bertanggung jawab atas pelaksanaan kampanye secara damai dan siap menerima semua bentuk konsekuensi dari hasil pemilu baik kalah maupun menang.


Penandatanganan dilakukan oleh pemimpin parpol. Sebagian besar pemimpin parpol menandatangani kesepakatan tersebut.

Setelah itu, Sekda, KPU, Panwaslu, juga memberikan tandatangan sebagai saksi dari kesepakatan tersebut.

Usai penandatanganan, dengan mendapat kawalan dari POLISI, para peserta melakukan pawai keliling ke daerah-daerah seluruh Lombok Timur.

Menurut aturan dari KPU, setiap parpol diperbolehkan membawa maksimal 4 buah mobil (meski ada juga parpol yang melibatkan mobil melebihi kesepakatan 4 buah, belum ada teguran). Pada pawai hari pertama ini, tidak ada pawai sepeda motor untuk meminimalisir resiko kecelakaan.


Namun secara kasat mata, pelanggaran pemilu dilakukan oleh sebagian besar parpol (terutama parpol lama dan besar). Pelanggaran yang dilakukan adalah berupa pengerahan massa dengan memakai mobil truk bak terbuka. Mumpung lagi boleh barangkali, ya?

Selamat berkampanye! Santun, mendidik dan damai.


Peace di tandatangan, peace di kampanye, peace di tingkah laku, peace di hati!

Peace men! Peace! source gururidho


Tidak ada komentar:

Posting Komentar