SELAMAT DATANG DI RUMAH PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) CABANG LOMBOK TIMUR

Rabu, 04 Juni 2008

KOMPAK LOMBOK TIMUR

KOMPAK (Koalisi Mahasiswa dan Pemuda Cinta Lingkungan) OASISTALA, GEMA ALAM NTB, PMII CAB. LOTIM, BEM IAIH, KSR UNIT HAMZANWADI HMPS GEOGRAFI, HMPS BIOLOGI, PEMUDA PANCOR, STMIK, LPWN PANCOR.tergabung dalam KOMPAK.
Kamis tanggal 5 Juni sebagai peringatan hari Lingkungan Hidup elemen mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam KOMPAK melakukan Aksi damai.mengangkat masalah terbesar yang dihadapi dunia saat ini adalah hilangnya keseimbangan ekologi sehingga tiga persoalan besar seperti gelobal warning, climate change dan woter crysis. tidak satupunnegara dunia yang luput dari intaian " hantu" bencana alam yang tidak ada lain adalah dampak dari ketidak seimbangan ekologi.

indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau kecil yang memungkinkan mencjadi sangat rentan dari berbagai bencana, ditambah lagi dengan jumlah penduduk yang sangat padat. masalah besar yang muncul dari kondisi ini tidak terpenuhinya kebutuhan air yang diakibatkan karena tidak seimbangnya ketersediaan air dengan penggunaan air.
hasil konvensi International di Jepang tahun 2004, menetapkan pulau lombok sebagai pulau kecil yang rentan terhadap perubahan akibat kerusakan alam. dari sisi tofografi, tingkat kemiringan tanahnya sangat tinggi. daerah lombok timur yang memiliki tingkat kemiringan yang sangat curam seluas 45 %. kondisi ini menjadikan lombok timur sangat rentan terhadap bencana alam. apalagi diperparah lagi dengan peraktek penebangan liar dan perambahan hutan yang tak terkendali. ini juga yang membuat sumber air yang ada di Gunung Rinjani yang dialirkan melalui 4 DAS ( daerah aliran sungai), yaitu, DAS putih, DAS Dodokan moyosari, DAS Jelateng, dan DAS Menanga. dari empat DAS Tersebut. DAS menanga adalah yang paling krisis. pada tahun 2004 DAS ini Mengalami Defisir air mencapai 116.121.153 m3 per tahun dan diperidiksikan pada tahun 2015 akan mengalami defisit air sebesar 1.277.333.783. m3 sehingga kemudian kondisi DAS Menanga ditetapkan menjadi DAS yang paling kritis berdasarkan SK Gubernur no. 114 tahun 2005. padahal, DAS ini mengalirkan air gunung rinjani bagi kebutuhan sebagian masyarakat lombok timur yang merupakan daerah berpenduduk sebesar kurang lebih 1.059000 jiwa.
sehingga elemen Mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam "kompak"
menyatakan sikap :
1. Hapus PP No. 2 tahun 2008 tentang tarif sewa lahan hutan
2. Sop illegal loging dan berikan tindakan tegas bagi para pelaku, serta sanksi hukum bagi oknum yang terlibat didalamnya.
3. menuntut pemerintah agar lebih serius dalam mengani masalah kerusakan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar